Olahraga saat Puasa, atau Setelah Berbuka?

Mana waktu olahraga yang lebih baik?

Olahraga saat Puasa, atau Setelah Berbuka?
Berolahraga menyehatkan badan.

Olahraga adalah kegiatan kebugaran yang biasanya dilakukan seminggu sekali, bahkan setiap hari. Manfaat dari olahraga sendiri yaitu menyegarkan tubuh, membuat rileks tubuh, dan banyak lagi. Saat bulan Ramadan ini, seringkali kita menghindari olahraga karena bingung akan waktu. Jadi, mana yang lebih bagus? Olahraga ketika sedang puasa, atau sesudah puasa?

 

Penjelasan

Jika olahraga dilakukan pada saat puasa, hormon stress kita akan meningkat, apalagi kalau olahraga berat. Dehidrasi saat olahraga juga akan menurunkan daya tahan tubuh secara drastis. Beda dengan olahraga ringan, yang hanya sekedar merilekskan badan, atau meregangkan bagian badan. Bisa juga kita olahraga setelah sholat shubuh dengan tujuan menikmati udara segar dan menikmati kenikmatan olahraga itu sendiri, olahraga yang dilakukan adalah olahraga ringan, agar tidak dehidrasi. Berbeda dengan sore hari, udara dan polusi tercampur sehingga olahraga kita tidak sempurna. Adapun olahraga setelah berbuka adalah hal yang baik, karena tubuh kita sudah mempunyai asupan energi dari makanan dan minuman yang sudah dikonsumsi saat berbuka. Olahraga malam ini yang cocok untuk melatih otot dan hanya sekedar mengeluarkan keringat, contohnya melakukan olahraga angkat beban sekitar 30 sampai 60 menit.

Kesimpulan

Untuk olahraga di bulan puasa, kamu harus mengetahui kondisi tubuh dan kesehatan. Setiap individu berbeda-beda, ada yang mampu melakukan olahraga saat berpuasa, ada juga yang bisa olahraga setelah berbuka. Hal baik ketika olahraga sesudah berbuka karena energi kita terisi kembali sehingga leluasa untuk melakukan jenis olahraga apapun.

 

So, kamu tim olahraga pagi, atau malam?